Gunadarma

Sunday, April 11, 2010

Pemakaman untuk IE 6


Kamis malam lalu (8/4), lebih dari 100 orang yang sebagian besar berpakaian hitam-hitam, berkumpul di sekeliling sebuah peti mati. Mereka akan mengucapkan selamat jalan kepada kawan lama.

Siapakah yang meninggal dunia? Bukanlah seseorang ataupun sesosok. Orang-orang ini berkumpul dalam ragka menghadiri pemakaman Internet Explore versi 6 (IE6). Sepak terjang penjelajah dunia maya berusia tua itu akan dilanjutkan oleh keturunannya yaitu, Internet Explore 7 dan Explore 8. Prosesi pemakaman ini diselenggarakan oleh Aten Design Group, perusahaan desain software yang berada di Denver, Colorado. Acara pemakaman ini diselenggarakan sebagai bentuk penghormatan untuk IE 6.

Apakah anda ingin menghadiri pemakaman IE 6? Mungkin sudah terlambat untuk kita,
mungkin kita masih bisa memberikan pesan-pesan, gambar maupun video sebagai rasa duka cita di http://ie6funeral.com. dan itupun jika masih bias (maklum ketinggalan berita, hehe). Dan bagi yang ingin melihat foto-foto dari prosesi pemakaman IE6 dapat dilihat disini.

Internet Explore 6 memang tidak benar-benar mati, karena IE6 masih digunakan secara luas. Namun dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penggunanya semakin berkuurang. Apalagi saat ini banyak fasilitas yang ditawarkan oleh browser-browser yang lebih cepat untuk menjalankan web yang canggih.

Saat Microsoft mengeluarkan IE7, pemakaman kali ini bukanlah pertama kali, ada banyak yang hendak menguburkan browser IE6 ini. Beberapa grup di Facebook juga pernah dibentuk untuk meninggalkan browser tersebut, bahkan gerakan “IEmustdie” telah meluas di Twitter. Bahkan Google Docs dan Google Sites telah menghentikan dukungan layanan untuk browser ini sejak Senin (5/4), dan YouTube juga akan mengikutinya pada 13 April.

Saat dirilis pada tahun 2001, IE6 merupakan standar bagi sebagian besar peselancar dunia maya hingga tahun 2006. Namun Web telah berkembang dalam sepuluh tahun terakhir (bukan waktu yang singkat), dari web yang hanya memiliki halaman teks sederhana hingga yang rumit dan berbagai aplikasi interaktif juga di gunakan, termasuk video dan suara atau musik.

Sedihnya adalah beberapa browser yang sudah sangat tua termasuk IE6 ini, tidak mampu menjalankan berbagai macam fitur baru yang tersedia secara efektif. Banyak orang yang mulai berpaling ke beberapa browser yang lebih modern.

Microsoft sendiri tidak berkomentar mengenai pemakaman IE6. Peruhaan ini tetap konsisten merekomendasikan kondumennya untuk meng-update versi terbaru dari Internet Explore dan mengakui bahwa browser lama tidak terlalu efektif untuk berselancar di dunia maya.


0 comments:

Post a Comment

Rafly Andreas. Powered by Blogger.
casper
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More