Sunday, January 3, 2010

Observasi Lapangan


Sekilas Tentang
Alfamart adalah sebuah perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

Visi dan Misi
"Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global".
  • Memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
  • Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku / etika bisnis yang tertinggi.
  • Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
  • Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.

Cukup dengan perkenalan tentang Alfamart. Berdasarkan visi dan misi yang ada, sepertinya Alfamart memiliki struktur dan keorganisasian yang baik, terlebih Alfamart adalah sebuah Minimarket yang sudah cukup besar di Indonesia. Sekarang kita akan membuat laporan observasi tentang Alfamart, apakah sudah cukup baik atau belum. Jika belum dimana kekurangannya dan jika sudah cukup baik maka sebaiknya di pertahankan bahkan ditingkatkan.

Observasi ini dilakukan disalah satu Minimarket Alfamart terdekat, berikut adalah hasil laporan observasi yang bisa kami dapatkan dari Kepala Toko yang bersangkutan.


Hasil Observasi
Data yang dipakai :
    Master File
Master File yang digunakan adalah master data yang diberikan oleh Kantor Pusat. Master Data tersebut sudah berisikan daftar barang dan harga untuk setiap toko. Master data yang diberikan akan berbeda-beda untuk setiap tokonya, tergantung dari besarnya tipe toko tersebut.

Data-data tersebut dapat di update oleh toko-toko yang bersangkutan apabila ada penambahan atau pengurangan barang, kenaikan/penurunan harga barang, Stock Opname (Cek Stok Barang Bulanan) dan Promo (Promo Product, Ulang Tahun Toko, Ulang Tahun Alfamart, dll). Dan semua itu hanya bisa di akses oleh Kepala Toko, setiap Kepala Toko akan memegang Password yang berbeda antara Toko 1 dengan yang lainnya.

Setiap sebulan sekali semua toko akan melakukan Stock Opname untuk mengecek barang. Pengecekan barang masih dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menghitung jumlah barang yang masih tersisa di rak. Kemudian, semua barang yang tersisa dijumlahkan dengan jumlah barang yang sudah terjual. Jika jumlah tidak sesuai dengan stok yang seharusnya maka seluruh karyawan beserta kepala toko akan menombok untuk mengganti kerugian.


    Data Transaksi
Data transaksi yang digunakan dalam transaksi sudah terimplementasi di dalam Master Data. Ketika terjadi sebuah transaksi, barang-barang yang dibeli cukup di deteksi dengan Barcode Reader atau dengan menuliskan Code yang terdapat dalam barcode barang-barang tersebut kedalam form, secara otomatis akan terhitung berapa banyak barang tersebut dibeli dan berapa harganya.

Ketika transaksi terjadi, jumlah barang dalam database akan berkurang secara otomatis dan akan ditambahkan lagi ketika barang datang, penambahan data dilakukan dengan cara memasukan jumlah barang yang datang ke dalam database yang sudah ada. Biasanya barang akan datang 2 (dua) kali dalam 1 (satu) minggu.

Media Penyimpanan
Media penyimpanan yang digunakan adalah sebuah komputer. Komputer khusus yang sudah terinstal program-program database barang-barang dari kantor pusat.

Cara Penyimampanan  dan Cara Akses Data
Cara penyimpanan seluruh data barang menggunakan cara Sequential, berurut sesuai abjad dari A-Z berdasarkan merk dagang yang ada. Dan menggunakan sistem FIFO (First In First Out), sehingga barang yang datang terlebih dahulu akan keluar terlebih dahulu juga. Untuk cara pegaksesan database barang membutuhkan Password dan yang memiliki Password ini hanyalah Kepala Toko dan wakilnya saja.

Kesimpulan
Setiap perusahaan sudah dapat dipastikan memiliki suatu program untuk menyimpan database, database tersebut dipergunakan untuk memasukan data ysng masuk ataupun data yang keluar, apalagi dalam ALFA minimarket setiap hari sudah dapat dipastikan terjadi update data, karena setiap hari pasti terjadi tranksaksi pembelian dan barang datang

Namun kami tidak dapat mengetahui nama program database yang dipakai oleh pihak ALFA Minimarket, dikarenakan hal itu merupakan rahasia dari perusahaan yang bersangkutan


Sumber :
Alfamart Akses UI 1 – Jl. Akses UI Raya No. 11
http://www.alfamartku.com/


0 comments:

Post a Comment

Rafly Andreas. Powered by Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More