Gunadarma

Friday, December 18, 2009

Pulau Run

Manhattan dan New York, USA. Pernah ditukar dengan salah satu pulau di Indonesia. Indonesia mempunyai sebuah pulau, "Pulau Run" yang dulu pernah begitu terkenal dan diperebutkan oleh banyak negara. Pulau yang hanya memiliki luas 3 x 1 km² (persegi) itu terletak di gugusan Kepulauan Banda, perairan Laut Maluku.



Pada tahun 1667, Belanda berhasil merebut Pulau Run dari Inggris setelah berhasil mengalahkan pasukan Inggris dan membunuh Kapten Nathaniel Courthope. Sebagai gantinya, negara yang sedang demam rempah-rempah ini menggadaikan pulau jajahannya di pantai timur Benua Amerika, yaitu New Amsterdam atau Manhattan, yang memiliki luas 20 kali Pulau Run.



Pulau Run memang pulau yang kecil dan terpencil. Namun itulah satu-satunya ambisi Belanda yang belum dituntaskan. Pulau yang ditumbuhi pohon pala ini begitu berharga, namun Belanda kalah cepat dari Inggris yang dapat lebih dulu menemukan Pulau Run pada 1603.

Tiga belas tahun kemudian, Inggris mengirim Kapten Nathaniel Courthope untuk mencegah pulau ini diklaim oleh Belanda. Courthope menyodorkan kontrak agar penduduk Pulau Run mau menjadi pulau merdeka di bawah Kerajaan Inggris.

Namun, Belanda yang sedang penasaran pantang menyerah menurunkan armadanya dan selama empat tahun armada Belanda terus mengepung Pulau Run dan akhirnya pada tahun 1620 Kapten Nathaniel Courthope terbunuh. Akhirnya Inggris menyerah tanpa perlawanan, melalui sebuah perjanjian yang bernama "Perjanjian Breda", Inggris bersedia meninggalkan Pulau Run dan berhak mendapatkan Manhattan yang kala itu menjadi daerah jajahan Belanda.

Maju ke abad 21, sekarang Manhattan sudah tumbuh jadi pusat bisnis terbesar dan wilayah terpadat di Amerika Serikat. Perusahaan besar hingga PBB memilih Manhattan sebagai markas. Sementara itu, Pulau Run masih belum banyak berubah dan berkembang, Pulau Run masih pulau terpencil dengan sedikit penduduk yang mengambang di Laut Banda.

Pulau Run adalah pulau kecil dan terpencil, meskipun pulau ini kecil tetapi pulau ini memiliki banyak sejarah dan sangat bernilai. Jika negara lain saja mau menukarkan daerah jajahannya yg lebih besar demi pulau yang kecil ini, kenapa kita sebagai Negara yang memiliki Pulau ini tidak merawat dan berusaha mengembangkannya?? Pulau Run dapat di jadikan tempat Pariwisata yang menarik bagi wisatawan lokal ataupun asing. Sedikit preview atau gambaran tentang "Pulau Run" sekarang.



 

 

Lihatlah keindahan Pulau yang tersembunyi dan masih alami ini. Lautnya masih jernih berwarna biru, pasirnya masih bersih berwarna putih. Gunungnya masih indah dengan pemandangan lembah yang hijau. Indonesia, memiliki keindahan yang tidak ada duanya. Sudah seharusnya keindahan yang tiada duanya ini tidak kita kotori, akan tetapi kita lestarikan agar keindahannya tetap terjaga.

Source


0 comments:

Post a Comment

Rafly Andreas. Powered by Blogger.
casper
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More